.

blog ini tempatku menumpahkan sampah dan uneg2 dalam pikiranku... hadir mengalir dan tercipta mengikuti alur kehidupanku...

Wednesday, April 25, 2007

KARITINI

Mmm telat sih sebenarnya harinya…
Tapi aku tidak tahan ingin ikut menuliskan sesuatu sedikit tentang hari wanita ini dan sosok wanita dimataku…
Ya… dari sekolah dasar aku sudah sering mendengar lagu Ibu kita Kartini dinyanyikan…
Saat itu aku tidak tau kenapa sih ini ibu ada lagunya…
Yang aku tau dia itu seorang pahlawan…
Tapi dasar anak masih ingusan… aku tuh sempat bertanya kepada guruku…

“bu’… apa iya ibu kartini itu pahlawan”
Si guru menjawab “iya benar bob… ibu kartini itu pahlawan bangsa kita”
Dan Dengan polosnya kembali ku bertanya “trus gimana caranya bu’, ibu kartini itu berperang dengan senjata sambil pake kebaya… berarti ibu kartini itu kaya Rambo dong bu’ ya?..”
Sambil tersenyum guruku menjawab “ ya nga’ lah bob… ibu kita kartini itu bukan tentara…”

Nah disitulah baru aku mendapat penjelasan yang mendetail dan panjang lebar tentang siapa itu ibu kartini sebenarnya… sampe2 mulutku keram karena terlalu lama menganga…
Tapi tetap saja, saat itu satu kesimpulan yang aku tau kalo ibu kartini itu bukan Rambo hehehe
Yah namanya juga masih anak2…jangan berharap lebih dong…

Tapi saat ini aku bangga banget dengan perjuangannya ibu kartini yang membela hak2 dari kaumnya…
Tanpa perjuangannya dulu entah bagaimana nasib wanita sekarang… mungkin saja penindasan atas hak kaum wanita ada dimana2…
Sedangkan saat ini saja penindasan akan hak itu masih sering terjadi, apalagi yang melihat wanita
itu hanya sebagai objek sex semata…
Bener2 bikin emosiku naik sampe ke ubun2 kalo harus memikirkannya…

Saya sebagai anak dari seorang ibu yang telah membesarkanku dengan kesendiriannya…
Merasakan sekali arti dari seorang wanita… tanpanya bukanlah apa2 saya sekarang…
Dan tanpa perjuangannya bertahan hidup untuk membesarkanku… apalah jadinya saya sekarang…

Oya….
Pernah kan denger lirik lagunya ada band “karena wanita ingin di mengerti”
Itu lagu yang di diputar di sebuah acara berjudul wanita dalam berita… di salah satu TV swasta di Indonesia….

Hmmm
Ini pertama kalinya aku melihat acara itu….
Jujur… setelah menontonnya, aku hanya bisa terkagum2 melihatnya…
Dan juga dengan apa yang dapat dibuat oleh seorang wanita…
Malah sempat aku termotivasi dan terinspirasi oleh salah satu profil dari seorang wanita yang berjuang dengan sendirinya membangun sebuah pembangkit listrik mikro disebuah desa terpencil yang belum di singgahi oleh PLN…

Wah bener2 deh… two thumbs up buat ibu itu…

Dari dulu aku selalu kagum dengan wanita yang memiliki motivasi tinggi dan keinginan yang kuat…
Terlebih apa yang bisa dilakukannya itu secara nyata belum tentu aku sebagai laki2 mampu untuk melakukannya…
Salut deh kepada semua wanita yang memiliki prestasi…

Kepada mereka, wanita Yang mampu berbuat untuk sesame manusia dan yang mampu mengangkat derajat kaumnya tanpa harus mengexploitasi tubuhnya…
Dan kepada wanita Indonesia pada khususnya… salamat hari KARTINI…

0 comments: